Home / berita umum / Beberapa Anak Gaza Terlihat Riang Saat Minum Air Dari Indonesia

Beberapa Anak Gaza Terlihat Riang Saat Minum Air Dari Indonesia

Beberapa Anak Gaza Terlihat Riang Saat Minum Air Dari Indonesia – Perselisihan yang berlangsung di Jalan Gaza membuat beberapa titik alami kritis air. Untuk menanganinya, dua Humanity Water Tank dari Tindakan Cepat Responsif (ACT) berkeliling-keliling mendistribusikan beberapa ratus liter air untuk masyarakat Palestina yang ada di wilayah kritis air.

Beberapa anak Gaza terlihat riang senang menyongsong truk tangki air itu. Mereka berebutan tempat di keran air untuk hilangkan dahaganya.

Sesaat di lain sisi, beberapa ibu sedang isi air dalam tempat tempat penampung seperti drum serta ember. Mereka manfaatkan peluang itu untuk menaruh persediaan air buat keperluan seharian.

Team Global Humanity Response (GHR) ACT Andi Noor Faradiba menjelaskan distribusi air bersih yang dikerjakan hampir tiap ini hari adalah jawaban atas keperluan yang menekan di Palestina.

“Belum pernah ada yang mengetahui kapan listrik di Gaza mulai menyala, seringkali pada pagi sampai siang hari listrik itu malah padam. Berarti, jika listrik padam, tidak ada air bersih yang dapat mengalir. Dalam keadaan semacam itu, keperluan akan truk water tank benar-benar dibutuhkan,” jelas Faradiba dalam infonya, Kamis (4/7/2019).

Menurut dia, Humanity Water Tank ini akan berkeliling-keliling di lima daerah di Gaza yang semua terdiri jadi beberapa puluh titik distribusi. Sesudah hampir dua minggu berkeliling-keliling beberapa daerah itu, truk akan balik lagi di titik awal mereka mulai awalnya serta mengulang distribusi seperti yang sudah mereka kerjakan.

Tidak hanya di pemukiman masyarakat, Faradiba menjelaskan Humanity Water Tank akan mendistribusikan pertolongan air bersih pada fasilitas-fasilitas umum seperti sekolah, masjid, klinik, serta sarana-sarana umum yang lain.

“Dengan demikian truk ini direncanakan akan memberi manfaat pada 19.400 orang sepanjang satu minggunya, dimana untuk seseorang akan terima 20 liter air bersih. Adanya pertolongan air bersih ini, kami mengharap bisa mengurangi beban Palestina khususnya ditengah-tengah perselisihan yang sering meletus mendadak,” kata Faradiba.

Salah seseorang pelapor spesial dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Michael Lynk mengutarakan pada 2017 lebih dari 96% akuifer pesisir Gaza yang disebut sumber air penting buat masyarakat Gaza tidak wajar dikonsumsi manusia.

Pada laporan yang diterbitkan untuk Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) itu, Lynk mengatakan beberapa fakta kenapa sumber air penting masyarakat Gaza tidak wajar mengonsumsi.

Ekstraksi yang terlalu berlebih sebab populasi Gaza yang benar-benar padat, air terkontaminasi oleh sampah serta air laut, blokade Israel sepanjang 12 tahun lamanya, serta perang asimetris yang sudah membuat infrastruktur Gaza lumpuh kronis serta terus-terusan kekurangan listrik.

About penulis77