Home / indonesia / BI Yakin Di Kuartal IV-2015 Pertumbuhan Ekonomi Diatas 5 Persen

BI Yakin Di Kuartal IV-2015 Pertumbuhan Ekonomi Diatas 5 Persen

Dalam beberapa pekan terakhir ini, kondisi ekonomi nasional memang mengalami pelemahan. Hal ini terwujud dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang kini kian merosot dan menyentuh angka Rp 14.700. Akan tetapi, meski pertumbuhan ekonomi melambat, Bank Indoneisa tetap memiliki keyakinan akan kemajuan ekonimi nasional tahun ini.

Bercermin dari pola beberapa tahun belakangan,, di mana pergerakan ekonomi di negeri kita ini berlaju cepat di akhir tahun, Bank Indonesia pun tetap merasa optimistis pertumbuhan ekonomi negara nantinya mampu tergugah di kuartal ke-4 tahun ini.

Juda Agung selaku direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indoneisa memprediksi, kalau kemajuan ekonomi pada kuartal IV-2015 mampu melampaui 5 persen, jauh lebih besar kalau dibandingkan dengan beberapa kuartal sebelumnya di tahun 2015 ini. “Ya saya yakin di atas 5 persen dan kami memperkirakan untuk tahun ini mampu menyentuh di 4,7-5,1%,” ungkap Juda, hari Jumat kemarin.

Juda juga memaparkan, kalau proyeksi tersebut berdasar pada data-data sekarang ini yang menampilkan belanja modal pemerintah sudah terakomodasi. Distribusi semen, jelas Juda, hingga Agustus terbukukan mengalami kemajuan sebanyak 14 persen. Impor barang modal pun turut mendapati kenaikan yang cukup bagus. Contohnya, impor besi dan baja yang mendapati kenaikan sebanyak 60 %.

About admin