Home / berita umum / Di Jalan Tol Dikerjakan Penjagaan Berlapis Ganjil Genap

Di Jalan Tol Dikerjakan Penjagaan Berlapis Ganjil Genap

Di Jalan Tol Dikerjakan Penjagaan Berlapis Ganjil Genap – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan keluarkan ajakan pola ganjil genap pada jalan penyeberangan Merak – Bakauheni. Ini dikerjakan untuk tingkatkan keamanan pemudik yang ingin melintas ke Sumatera.

“Pola ini tidak saya tuang dalam satu peraturan, cuma ajakan saja,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Rabu (8/5).

Budi mengutarakan, sampai kini, sejumlah besar kendaraan pemudik pada pucuk arus mudik serta arus balik melintas pada jam 12 malam sampai 6 pagi.

“Jika ia melintas jam begitu, katakanlah pergi dari Jakarta jam 3 – jam 4 sore, itu antrean disana (Merak) panjang. Itu kan bahaya,” katanya.

Karena itu, Kemenhub akan membuat pola ajakan kendaraan berpelat nomer ganjil untuk lewat pada jam 8 pagi sampai 8 malam. Sesaat, untuk kendaraan berpelat nomer genap diimbau lewat pada jam 8 malam sampai 8 pagi.

Budi yakini warga inginkan perjalanan mudik yang nyaman, lancar, serta aman. Karena itu, dia meyakini, warga akan ikuti ajakan itu.

“Jika saya menyarankan 10 orang, masak dari 10, 5 atau 6 orang tidak nurut?,” katanya.

Pada saat yang sama, Kemenhub mempunyai pekerjaan rumah untuk mensosialisasikan ajakan itu supaya sampai ke telinga warga.

“Jika saya tidak keluarkan ajakan itu, kekuatan kemacetan itu dapat sampai 7 sampai 8 km di Merak sana,” katanya.

Seterusnya, berkaitan keamanan pemudik ke Sumatera, Kemenhub sudah bekerjasama dengan Kepolisian Wilayah (Polda) untuk tingkatkan keamanan, khususnya di jalan tol yang baru bekerja Bandar Lampung – Terbanggi Besar serta Terbanggi Besar – Kayuagung.

“Polda, baik Polda Lampung serta Palembang, tingkatkan penjagaan. Di jalan tol dikerjakan penjagaan berlapis, ada pos-pos petugas yang patroli sebab kita ketahui disana kan kondisinya berlainan dengan di Jawa,” katanya.

About penulis77