Home / berita umum / Diduga Pungli ke Ortu Murid, Kepsek dan 2 Staf TU SMPN 2 Bandung Ditangkap

Diduga Pungli ke Ortu Murid, Kepsek dan 2 Staf TU SMPN 2 Bandung Ditangkap

Diduga Pungli ke Ortu Murid, Kepsek dan 2 Staf TU SMPN 2 Bandung Ditangkap – Team Satgas Saber Pungutan liar Jawa Barat mengamankan kepala sekolah SMP Negeri 2 Bandung. Kepsek itu disangka mengerjakan pungli (pungutan liar) pada orang tua murid untuk bangun taman di sekolah.

Kepsek itu ditangkap beserta dua orang staf tata upaya SMPN 2 Bandung pada Senin (18/2) tempo hari. Mereka ditangkap sesudah team Satgas Saber Pungutan liar terima laporan dari warga.

” Jadi kepala sekolah serta dua staf TU ia itu memohon sumbangan hubungan pembuatan taman SMPN 2 Bandung, ” kata Kepala Satgas Saber Pungutan liar Ja-bar AKBP Basman pada Selasa (19/2/2019) .

Basman memaparkan proses pembuatan taman itu diinisiasi oleh pihak sekolah. Dalam implementasinya, pelaku Kepsek itu malah memohon uang pada orangtua murid.

Ia tidak memaparkan detil masalah tehnis keinginan duwit itu. Tetapi ia menyebutkan ada uang Rp 500 ribu yang ditangkap disangka datang dari salah satunya orangtua murid.

” Disuruh dari orangtua murid, ada 7 orangtua murid yang diminta, ” kata Basman.

Tindakan Kepsek itu dipandang melanggar aturan pada dunia pendidikan. Menurut Basman perihal itu tertuang dalam Aturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) tahun 2011.

” Namanya SD atau SMP gak bisa ada pungutan apa pun ke murid, orangtua murid atau wali murid. Itu tertuang larangan pungutan siswa umur sekolah mesti belajar, ” ujarnya.

Pihaknya sudah melimpahkan perkara ini ke Inspektorat Pendidikan Kota Bandung. Pihaknya pun sudah bekerjasama dengan unit pemberantasan pungutan liar Kota Bandung.

” Kita istilahnya cuma buka keran yang mampet. Sesudah itu institusi atau inspektorat, ” kata Basman.

SMPN 2 Bandung sendiri didapati adalah salah satunya sekolah pujaan. Bahkan juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat mencicipi pendidikan di sekolah itu.

About admin