Home / berita umum / Gubernur Kaltim Sudah Klaim Tempat Jadi Ibukota

Gubernur Kaltim Sudah Klaim Tempat Jadi Ibukota

Gubernur Kaltim Sudah Klaim Tempat Jadi Ibukota – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan lokasi Bukit Soeharto telah mempunyai infrastruktur simpatisan menjadi alternatif DKI Jakarta jadi ibu kota di Indonesia. Daerah itu telah tersambung dengan jalan tol ke arah kota Balikpapan serta Samarinda.

Dia menjelaskan keseluruhan luas tempat Bukit Suharto 64 ribu hektare (ha). Tetapi, masih dapat diperluas mengarah barat seluas 85 ribu ha serta timur 63 ribu ha. Jika dijumlah, keseluruhan tempat yang punya potensi untuk digunakan seluas 212 ribu ha.

“Situasinya bagus juga sekali, lokasi ini ada diatas ketinggian permukaan laut 25 mtr.. Jika jadi pusat pemerintahan ya harus diatas laut, janganlah dekat-dekat kelak banjir,” sebut Isran, Kamis (10/5).

Belum juga, dia pastikan Kalimantan Timur adalah daerah yang jauh dari kekuatan musibah alam sebab tidak masuk dalam ruang cincin api (ring of fire). Lalu, sarana listrik sudah siap menyimpan aktivitas pemerintah pusat nanti.

“Listrik aman sebab Kalimantan ini kan wilayah minyak serta gas, semua sarana telah aman,” tegas Isran.

Walau demikian, dia mengaku masih ada pekerjaan rumah yang perlu ditangani jika Jokowi betul-betul memutuskan Bukit Soeharto jadi ibu kota baru. Beberapa infrastruktur berbentuk istana kepresidenen sampai kantor kementerian harus dibuat.

“Tetapi setahap, jadi tahun pertama sesudah diputuskan ya kerjakan research serta proses design dahulu, lalu lepaskan tempat. Jadi janganlah sekaligus juga geser,” tuturnya.

Isran menyebutkan design kota pemerintah baru harus dikerjakan dengan jeli serta detil. Dia bahkan juga merekomendasikan pemakaian tenaga pakar internasional yang memahami tata ruangan kota.

Pemerintah pusat, menurutnya, harus juga lakukan pembebasan tempat dengan adil supaya tidak merugikan warga. Tetapi, dia belum mempunyai hitungan tentu berapakah dana yang diperlukan untuk pembebasan tempat.

“Jadi ada banyak warga yang kuasai tempat di Bukit Soeharto, tetapi mereka bukan pemilik, cuma dikuasai saja,” tutur ia.

Berdasar pada prediksinya, ada seputar 100 sampai 200 orang yang kuasai tempat di Bukit Soeharto. Sebagian dari mereka mempunyai kebun sawit.

“Tetapi tidak apa-apa itu biasa kok,” tambah Isran.

Dia pastikan selama ini tidak ada penolakan dari warga tentang wawasan perpindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Isran akui siap usaha keras bila Jokowi telah mengetuk palu jadikan Bukit Soeharto jadi pusat pemerintah baru.

Semenjak Selasa (7/5) tempo hari, Jokowi telah repot mengevaluasi beberapa daerah yang dipandang patut jadi calon ibu kota baru. Dia bertandang ke Kalimantan Timur serta Kalimantan Tengah semenjak Selasa (7/5) tempo hari.

Jokowi mengevaluasi Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur yang dinilai cukuplah strategis sebab ada diantara dua kota besar, yaitu Balikpapan serta Samarinda. Sesaat di Kalimantan Tengah, Jokowi berkunjung ke empat daerah sekaligus juga yaitu Palangka Raya, Katingan, Gunung Mas, serta Pulang Pisau.

About penulis77