Home / kesehatan / Maraknya Praktik Dokter Asing

Maraknya Praktik Dokter Asing

Jakarta, tempat Ibukota tersebut sekarang ini menjadi lahan praktik dokter illegal. Para dokter ilegal tersebut melancarkan aksinya dengan memakai surat izin sementara tinggal dan memiliki bisnis maupun usaha wisata. Sangat sulit membedakan keberadaan dokter ilegal di Jakarta, hal tersebut bisa merugikan pasien dan bisa melanggar undang-undang aturan yang ada.

Dokter ilegal tersebut bisa masuk ke Indonesia melakukan jalur bisnis, biasannya mengaku sebagai konsultan maupun manajer, ungkap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Maria Maria Margaretha pada hari Senin tanggal 11 Januari 2016 waktu di Jakarta. Indonesia pun belum pernah menerbitkan surat untuk dokter asing melakukan registrasi

Untuk membuka praktik di Indonesia, dokter asing tersebut harus memiliki atau memenuhi persyaratan kompetensi, mempunyai surat tanda rekomendasi dan tanda registrasi dari Negara asalnnya sendiri. Hal tersebut harus sesuai peraturan Menteri Kesehatan No 67/2013 tentang Pendayagunaan Tenaga Kesehatan Warga Negara Asing. Untuk para pekerja si kesehatan tradisional harus memiliki Peraturan Menkes No 103/2014 tentang Layanan Kesehatan Tradisional.

Untuk penetapan yang dimiliki Masyarakat Ekonomi Asean, untuk pihak Indonesia sendiri tidak mempersulit bagi dokter asing yang akan membuka praktik di Negara ini, tapi untuk melakukan hal tersebut, tenaga madis maupun kesehatan harus memiliki surat izin dan harus taat pada peraturan.

About admin