Home / berita umum / Masalah Chuck Suryosumpeno Telah Lama Diatasi Oleh Kejaksaan Agung

Masalah Chuck Suryosumpeno Telah Lama Diatasi Oleh Kejaksaan Agung

Masalah Chuck Suryosumpeno Telah Lama Diatasi Oleh Kejaksaan Agung – Kejaksaan Agung mengambil keputusan jaksa senior Chuck Suryosumpeno jadi terduga korupsi. Jaksa Agung M Prasetyo menjelaskan, masalah yang membelit Chuck telah lama bergulir.

Prasetyo menjelaskan, masalah Chuck itu telah lama diatasi oleh Kejaksaan Agung. Akan tetapi hasilnya terhalang sebab Chuck tetap mangkir dalam kontrol.

“Sesuai dengan laporan Jampidsus serta Penyidik Pidsus Kejaksaan Agung RI masalah pendapat korupsi yang dikerjakan (dengan bersama) oleh bekas jaksa, saudara CS telah lumayan lama diatasi, tapi terganggu penyelesaiannya lebih karena saudara CS tetap mangkir dengan beberapa fakta setiap saat diundang untu diminta info,” kata Prasetyo, Selasa (6/11/2018).

Selain itu, kata Prasetyo, saat masalah itu bergulir bekas jaksa Chuck dipandang tetap membuat pendapat mencitrakan dianya benar serta mempersalahkan instansi Kejaksaan Agung, tempat yang sempat jadi tempat ia bernaung.

“Bahkan juga saat ini dengan terbuka yang berkaitan mengaitkan serta mengatakan jika penetapan dianya sebagal terduga sesudah ‘kemenangannya’ menantang JA (Jaksa Agung-red) dengan dikabulkannya PK oleh MA atas putusan PTUN yang di semua tingkatan awal mulanya yang berkaitan ditaklukkan,” tuturnya.

Prasetyo ikut memberikan, berdasar pada laporan perubahan perlakuan perkaranya, beberapa saksi serta terduga lainnya sudah tuntas dicheck. Alat bukti lainnya dalam masalah itu ikut sudah disatukan oleh penyidik pidsus.

“Karena itu aktor saudara CS tidak mesti dikerjakan berlainan. Yang berkaitan sudah di panggil 2x untuk diminta info, 2x juga mangkir serta masih tetap menurut laporan penyidik pada yang berkaitan sudah dikirimkan surat panggilan ke-3,” tuturnya.

Masalah bekas jaksa ini berawal waktu Chuck lakukan negosiasi penjualan asset Hendra Rahardja pada 2012. Karena, di Korps Adyaksa, Chuck adalah salah satunya pakar pemulihan asset Indonesia yang disadari dunia internasional. Negosiasi itu berjalan sama dengan mekanisme.

Vs Jaksa Agung, penjualan asset itu memiliki masalah hingga Chuck dicopot dari tempat Kajati Maluku. Chuck keberatan atas pencopotan itu serta menggugatnya ke PTUN Jakarta. Sesudah bertanding di pengadilan, dia menang dengan vonis MA, yakni mencabut SK pencopotan itu.

Merasakan kekalahan itu, Jaksa Agung keluarkan penentuan terduga atas Chuck dengan dakwaan korupsi dalam masalah penjualan asset Hendra Rahardja diatas.

“Penentuan terduga atas Chuck Suryosumpeno didapati bersamaan waktu Mahkamah Agung mengupload putusan PK atas pemohon Chuck Suryosumpeno pada situs website-nya, yakni tanggal 23 Oktober 2018,” kata kuasa hukum Chuck, Sandra Nangoy, Selasa (6/11).

Sandra menjelaskan aksi kriminalisasi yang dikerjakan Jaksa Agung otomatis dapat turunkan kepopuleran Presiden Joko Widodo pada Pemilihan presiden 2019.

“Saya jelaskan demikian sebab penduduk tentu sangsi bila pilih Presiden Jokowi kembali. Karena, putusan PK Mahkamah Agung saja tidak dipatuhi oleh seseorang Jaksa Agung. Jadi tidak ada agunan kepastian hukum serta keadilan buat rakyat Indonesia bila penegakan hukumnya saja gelap mata seperti preman ini,” kata Sandra.

About admin