Home / internasional / Orang Meninggal Di China Karena Roko 1 Juta Orang

Orang Meninggal Di China Karena Roko 1 Juta Orang

Saya rasa, kita semua sudah tahu kalau merokor memang kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Akan ttetapi, banyak manusia yang mengabaikan dampak yang ditimbulkan dari rokok tersebut sehinga mereka akan sadar kalau mereka sudah terjangkit penyakit akibat terlalu sering merokok. Kabar terkini, kalau di negara China, hingga kini terdapat satu juga orang meninggal karena rokok.

Sebagaimana halnya di Indonesia, jumlah penduduk China yang mau merokor juga amat tinggi. Seperti dari data penelitian, dua pertiga anak muda di China telah mulai merokok sebelum umur 20 tahun. Dampaknya, diprediski 1 dari 3 pria di China bakal mengalami meninggal dunia lantaran kegiatan merokok tersebut.

Penelitian terkini yang telah dipublikasikan pada jurnal Lancet menampilkan, kalau sebanyak 1 juta orang di China sudah meninggal dunia lantaran merokok di tahun 2010 silam. Kalau kebiasaan merokok ini tak diperhatikan, tahun 2030 mendatang diprediksi angka kematian dari merokok bakal bertambah menjadi 2 juta orang.

“Tanpa komitmen yang jelas, tanpa tindakan yang tegas dan menyeluruh untuk memerangi pengguna rokok, China akan bakal angka kematian dini yang sangat tinggi,” kata seorang profesor di Akademi Ilmu Kedokteran, Beijing, yakni Li Liming, sebagaimana yang dikutip dari Reuters. Sejumlah ilmuwan melakoni dua penelitian besar untuk memperoleh hasil itu. Penelitian pertama kali dilangsungkan sejak tahun 1990 yang mengikutsertakan jutaan perokok.

About admin