Home / berita umum / Pimpin Pawai Di Car Free Day Menteri Susi Gerakkan Jakarta Bebas Plastik

Pimpin Pawai Di Car Free Day Menteri Susi Gerakkan Jakarta Bebas Plastik

Pimpin Pawai Di Car Free Day Menteri Susi Gerakkan Jakarta Bebas Plastik – Menteri Kelautan serta Perikanan Susi Pudjiastuti pimpin pawai bebas plastik di lokasi Car Free Day (CFD) Jakarta.

Dalam orasinya, Susi menjelaskan jika semestinya DKI Jakarta malu sebab masih memperkenankan pemakaian kantong plastik sekali gunakan. Susi juga menjelaskan, pemda Bali, Banjarmasin, Balikpapan, serta Bogor sudah melarang pemakaian kantong plastik sekali gunakan. “Jika DKI (Jakarta) agak malu sich,” katanya di Taman Inspirasi Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (21/7) pagi.

Walau beberapa wilayah sudah melarang pemakaian kantong plastik, kenyataannya jumlahnya sampah plastik ada banyak. Susi menjelaskan, 70% daerah Indonesia terbagi dalam lautan. Sesaat, sekitar 7% sampah plastik selesai di lautan. Oleh karenanya ia juga meneror akan menenggelamkan pembuang sampah plastik ke lautan. “Pembuang sampah plastik ke lautan kita tenggelamkan,” katanya.

Menurut dia, penangkap ikan ilegal telah mulai menyusut. Tetapi sesudah permasalahan penangkapan ilegal mulai terselesaikan, permasalahan plastik di lautan terus banyak muncul. Bila ini tidak ditangani, Susi memandang laut Indonesia akan mempunyai semakin banyak sampah plastik dibanding ikan pada 2040.

Mengakibatkan, ikan di lautan pilih untuk mengonsumsi plastik hingga warga akan konsumsi protein dari plastik. Walau sebenarnya, industri perikanan membutuhkan ikan yang sehat. Susi ajak peserta pawai untuk kurangi sampah plastik diawali dari hal yang sedeerhana. Diantaranya, pengurangan plastik bisa dikerjakan dengan tidak memakai kantung plastik waktu belanja.

“Jika kita ke minimarket hanya beli 2-3 item yang masih tergenggam tangan, tak perlu meminta plastik kemresek,” katanya. Diluar itu, dia menyarankan mengonsumsi minuman tanpa ada sedotan plastik. Dengan begitu, warga bisa meneguk minuman langsung dapat dari botol atau gelasnya. Dalam pawai itu, Susi ajak dua anak serta empat cucunya. Dia pimpin peserta pawai yang sejumlah seputar seribu orang untuk berjalan kaki dari Bundaran HI sampai Taman Inspirasi Monas.

About penulis77