Home / berita umum / Puting Beliung di Bener Meriah Akibatkan 21 Atap Rumah Berterbangan

Puting Beliung di Bener Meriah Akibatkan 21 Atap Rumah Berterbangan

Puting Beliung di Bener Meriah Akibatkan 21 Atap Rumah Berterbangan – Sekitar 21 rumah masyarakat rusak karena diterjang angin puting beliung di Pante Raya Timur serta Wih Pesam di Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, Aceh. Atap 21 rumah itu beterbangan waktu diterjang puting beliung.

” Ada 21 atap rumah yang sebagian besar di lapis seng terlepas beterbangan karena puting beliung di Bener Meriah, ” kata Kepala Pelaksana Tubuh Penanggulangan Musibah Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Senin (19/2/2019) .

Ahmad mengutarakan cuaca berlebihan berlangsung di lokasi itu pada Senin (19/2) seputar waktu 16. 00 WIB. Hujan deras diikuti angin kencang membuat puting beliung lantaran berputar-putar dengan miliki kecepatan seputar 63 km. perjam, hingga membawa beberapa benda yang dilewatinya, termasuk juga atap rumah.

” Waktu puting beliung kurang-lebih 1/2 jam memorakporandakan atap rumah masyarakat di ke-2 desa ini, ” ujarnya.

” Perlakuan darurat dengan mengerjakan pemasangan terpal di sisi atap rumah masyarakat serta pemberian dukungan logistik buat waktu was-was udah dijalankan pemerintah daerah ditempat, ” timpalnya.

Selain itu, Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) ditempat menjelaskan cuaca di Aceh waktu ini memperlihatkan tengah waktu peralihan dari musim hujan ketujuan ke musim kemarau.

Menurut Kepala Seksi Data serta Kabar BMKG Stasiun Meteorologi Blangbintang, Aceh, Zakaria Ahmad, bulan Februari 2019 adalah waktu peralihan cuaca dari musim hujan ketujuan kemarau di lokasi sangat barat ini.

” Cuaca panas seperti waktu ini miliki potensi muncul angin kencang, serta condong berlangsung puting beliung di satu lokasi karena tumbuhnya awan kumulonimbus, ” ujarnya.

About admin