Home / kebudayaan / Umat Hindu NTB Lakukan Perang Bara Api

Umat Hindu NTB Lakukan Perang Bara Api

Umat Hindu NTB Lakukan Perang Bara Api – Saat perayaan Nyepi, umat Hindu di Kecamatan Cakranegara, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan adat perang barah, Senin (27/3/2017).

I Gusti Bagus Mayana, salah satunya tokoh tradisi sebutkan, perang barah sudah dijalankan dengan cara turun-temurun oleh banyak pemuda di lingkungan Sweta serta Negara Sakah sejak mulai masa ke 18 silam.

Perang barah ini punya tujuan buat mengusir roh-roh jahat, saat proses Nyepi yang jatuh pada Selasa (28/3/2017).

” Upacara buat mengusir roh-roh jahat. Diantaranya dijalankan lewat langkah perang barah, ” kata Gusti.

Perang barah ini dijalankan selesai pawai ogoh-ogoh. Mulai sejak sore hari, beberapa puluh pemuda sudah menyiapkan daun kelapa kering yang udah diikat. Selanjutnya daun kelapa kering itu dapat difungsikan sebagai ‘alat perang’ dalam adat perang barah.

Perang barah di awali sehabis warga Sweta serta Negara Sakah membakar alat pemukul semasing. Ke-2 kubu selanjutnya sama sama serang dengan memakai daun kelapa kering yang udah terbakar.

Tapi meskipun berperang, tdk pernah ada dendam pada warga Sweta serta Negara Sakah. Gusti menuturkan, perang barah dijalankan dalam rencana menyemarakkan upacara ‘Bhuta Yadnya’ yang dijalankan sebelum saat proses catur brata penyepian dijalankan.

Surya, salah satunya peserta perang barah menuturkan, tiap tiap th. saat perayaan Nyepi dia selamanya turut dan dalam perang barah. Meskipun merasa sakit serta panas waktu terserang barah, tapi Surya mengakui tdk pernah ada dendam.

” Tidak ada dendam sekalipun, ” tutupnya.

About admin