Home / kesehatan / Virus Zika Bisa Ke Indonesia

Virus Zika Bisa Ke Indonesia

Dalam akhir-akhir ini diberitakan dalam media tentang banyaknya penyebaran virus baru yaitu Zika. Virus ini sudah menyebar di daerah Amerika Latin lebih tepatnya di Negara Brasil dan Kolombia, dan virus ini sudah menyebar ke berbagai tempat sampai Asia bahkan juga sudah samapi ke Eropa.

Dalam pengelompokannya, virus Zika terkelompok di virus Flavivirus Arbovirus bagian dari virus RNA, virus ini diketahui dari seekor monyet yang berada di hutan Zika Uganda yang sudah di isolasi pada tahun 1948, dan diketahui virus ini diberikan nama dari asalnya yaitu hutan Zika yang diisolasi di hutan itu. Dan virus ini sudah menyebar ke Negara Afrika, Asia Tenggara, Mikronesia, Amerika Latin, Karbia, dan sudah ada laporan untuk virus ini.

Sama halnya dengan virus demam berdarah, virus ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Di Indonesia sendiri virus demam berdarah seperti ini sangat terjadi pada saat musim penghujan, yang diketahui dari virus ini, juga membawa virus lainnya seperti Chikungunya, virus Dengue dan virus Zika penularannya sama persis.

Dalam kasusnya, virus ini sudah sampai ke Indonesia, pada tahun lalu lebih tepatnya tahun 2015, sudah ditemukan orang Indonesia sudah ada yang terserang virus ini, Lembaga Eijkman di Jakarta sudah mengamankan pasien yang terserang virus Zika, dari hal yang sudah dijelajahi di pustakaan pada tahun 1981, dari pihak Negara Australia sudah melaporkan bahwa pasien yang terserang virus Zika sudah bepergian ke Indonesia.

About admin